ANALISIS BUKU KECIL-KECIL PUNYA KARYA
ANALISIS KARAKTER KENIY DALAM CERPEN DIARY PERSAHABATAN KARYA
NABILA
BERDASARKAN TEORI ROBERT STANTON
1.
PENDAHULUAN
Cerpen
ini berkisah tentang seorang anak dari luar negeri bernama keniy yang gemar
menulis diary tentang hal hal unik yang terjadi dalam hidupnya si anak
tersebut, seperti disekolah atau menceritakan seorang temannya dan ditulis di
diary . Diary tersebut seperti segala isi curahan hati yang ingin dijadikan
sebuah cerita yang tidak hanya diceritakan kepada sahabat,atau teman lainnya
tetapi dapat terlihat nyata dengan ditulis disebuah buku, yang nantinya akan
menjadi sebuah kenangan ketika orang tersebut beranjak dewasa. Keny menulis
sebuah pengalaman ketika keniy mulai memasuki sekolah terkenal di Kota New York
Amerika.
Sekolah
itu bernama Smart Child School menurut keniy itu bisa dibilang bukan
seperti sekolah melainkan seperti asrama yang sangat bagus, dan masuknya mahal
kemungkinan anak-anak yang bersekolah disitu hanyalah orang-orang yang memiliki
banyak uang. Keniy masuk ke sekolah karena pemilik sekolah itu adalah om-nya
sendiri, keniy pun masuknya gratis tanpa ada bayaran pendaftaran.
Keniy
ingin memasuki kelas satu Smart Room yang tertulis di diary keniy,
setiap kelas memiliki nama masing-masing seperti Smart Room, Creative Room,
dan Diligent Room. Menurutnya kelas Smart Room itu adalah kelas
yang anak-anaknya pintar disetiap mata pelajaran seperti sains dan lainnya. Creative
Room adalah kelas untuk anak-anak yang pintar membuat prakarya. Diligent
Room menurut Dady atau ayahnya guru-guru di kelas tersebut sangat killer
atau mengerikan dalam arti galak, tegas dalam belajar. Dalam diarynya juga
keniy menceritakan temannya yang menurut keniy harus di tulis di dalam diary.
Alasan
memilih karya ini karena banyak hal hal menarik dari buku tersebut, seperti
cover, isi cerita yang membuat si pembacanya dapat menggambarkan imajinasi
ketika membacanya. selain itu bisa menjadi termotivasi untuk menulis karya yang
lebih bagus dan inovatif terutama bagi anak-anak di usianya, tidak hanya itu
buku ini bisa membuat iri bagi mahasiswa yang bisa dibilang kalah, karena
mereka yang usianya dibawah kita sudah bisa membuat karya yang bisa terbit dan
dibaca banyak orang.
2. Rumusan Masalah
2.1 Apa yang membuat keniy tertarik dalam menulis diary?
3.
Landasan Teori
Landasan Teori
Pengkajian data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teori yang saling
berkaitan. Teori-teori ini dijadikan landasan dalam analisis dan pembahasan.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini antara lain karakter, motivasi
(dorongan).
3.1 Karakter
Merujuk pada individu-indivdu yang muncul dalam cerita
seperti ketika ada yang bertanya; “berapa karakter yang ada dalam cerita itu?”.
karakter merujuk pada percampuran dari berbagai kepentingan, keinginan, emosi,
dan prinsip moral dari individu-individu tersebut seperti yang tampak implisit
pada pertanyaan; “menurutmu, bagaimanakah karakter dalam cerita itu?” dalam
sebagian cerita dapat ditemukan satu ‘karakter utama’ yaitu karakter terkait
dengan semua peristiwa yang berlangsung dalam cerita. Biasanya,
peristiwa-peristiwa ini menimbulkan perubahan pada diri sang karakter atau pada
sikap kita terhadap karakter tersebut (Stanton, 2007:33).
Karakter keniy di dalam cerpen tersebut adalah karakter yang
memiliki kemauan, keinginan dalam menulis sesuatu yang menurut nya menarik
untuk abadikan dalam sebuah tulisan.
3.2 Motivasi
Motivasi dalam cerpen ini yang di perankan oleh tokoh
tersebut adalah keinginan dalam mengabadikan cerita menarik seperti pada saat
cerita dalam diarynya pada saat masuk Sekolah terkenal di New York.
3.3 Hubungan Antar Tokoh
Dalam cerpen diary keniy hubungan antar tokoh yaitu Audia
teman sekamar di Smart Child School, Audrey adalah saudara kembar
audiana, Diana Redistoney adalah kaka perempuan keniy, Diny anak pembantu
sangat kutu buku yang suka mengejek keniy dan keniy tak pernah ada rasa marah
dengannya, Daniel wakil ketua kelas.
4. Pembahasan
Keniy membuat diary untuk mengabadikan momen atau hal-hal
unik untuk diabadikan menjadi sebuah tulisan, karena untuk momen itu tidak
hanya gambar maupun teknologi lainnya tapi bisa dengan tulisan. Pada saat
pertama kali membuat diary tentang pengalamannya masuk sekolah menegah pertama
di New York Amerika. Yang begitu mudahnya keniy untuk masuk ke sekolah yang
sangat terkenal di kota New York itu karena om nya yang mempunyai sekolah
tersebut oleh karena itulah keniy mudah untuk menjadi siswa disekolah tersebut.
“untung sekali pemilik sekolah adalah om-ku jadi, masuknya
gratis. (cepen :78)
Tidak hanya itu saja keniypun menulis di diarynya tentang
teman-temannya di kelas dari berbagai macam karakter yang keniy tulis, mulai
dari yang jahil kepada keniy, yaitu daniel dia adalah wakil ketua kelas di
kelas Smart Room dan ketuanya adalah keniy sendiri,lalu ada sahabat dekat keniy
Audiana, anaknya lucu, agak tomboi, dan tidak suka permen. Ada Audrey saudara kembar Audiana, yang berbeda dengan
Audiana Audrey lebih feminim.
kelas di Smart Child
School ada nama-nama kelas nya , mulai dari Smart Room, Creative Room dan
Diligent Room.
“Aku
sangat memimpikan masuk kelas satu Smart Room karena anak-anaknya pintar dalam
setiap mata pelajaran. Seperti sains dan lain-lain. Tetapi mommy menyuruhku
ikut Creative Room. Itu kelas untuk anak-anak yang pintar membuat prakaryanya.
Kalau Daddy memilih Diligent Room karena setiap harinya ada PR dan katanya
gurunya killer-nya selangit.”
Masing- masing punya ciri khas siswanya, keniy menyangkut
pautkan teman-temannya di dalam diary nya karena nanti buku diary keniy tidak hanya keniy yang dapat membacanya
tapi teman temannya juga bisa merasakan hal hal unik yang tertulis dalam diary
keniy.
5. Simpulan
Keniy adalah seorang siswa yang berasal dari Smart School
,sekolah yang terkenal di New York Amerika. Keniy mempunyai sebuah buku pribadi
atau yang sering disebut yaitu buku diary yang berisi pengalaman, hal-hal seru
bersama teman-teman maupun keniy sendiri, didalam buku diary itu keniy juga
menuliskan cerita tentang sekolahnya, kakanya, teman sekelasnya.
Dimanapun dia berada jika menurut keniy menarik maka keniy
akan menulisnya di buku itu, sepertinya keniy menyukai hal tersebut maka dari
itu keniy tau kapan waktunya dia akan menulis itu, keniy sudah terbiasa menulis
diary tentang apapun dan dapat dibaca siapapun, bahkan teman-temannya pun suka
dengan diary yang keniy buat.
6.
DAFTAR PUSTAKA
Izzati, Nabila. 2004. Kecil kecil punya karya diary
persahabatan. Bandung : Mizan Pustaka
Staton, Robert. 2012. Teori Fiksi. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar
Comments
Post a Comment