ANALISIS BUKU KECIL-KECIL PUNYA KARYA



ANALISIS KARAKTER KENIY DALAM CERPEN DIARY PERSAHABATAN KARYA NABILA
BERDASARKAN TEORI ROBERT STANTON



1.     PENDAHULUAN

Cerpen ini berkisah tentang seorang anak dari luar negeri bernama keniy yang gemar menulis diary tentang hal hal unik yang terjadi dalam hidupnya si anak tersebut, seperti disekolah atau menceritakan seorang temannya dan ditulis di diary . Diary tersebut seperti segala isi curahan hati yang ingin dijadikan sebuah cerita yang tidak hanya diceritakan kepada sahabat,atau teman lainnya tetapi dapat terlihat nyata dengan ditulis disebuah buku, yang nantinya akan menjadi sebuah kenangan ketika orang tersebut beranjak dewasa. Keny menulis sebuah pengalaman ketika keniy mulai memasuki sekolah terkenal di Kota New York Amerika.

Sekolah itu bernama Smart Child School menurut keniy itu bisa dibilang bukan seperti sekolah melainkan seperti asrama yang sangat bagus, dan masuknya mahal kemungkinan anak-anak yang bersekolah disitu hanyalah orang-orang yang memiliki banyak uang. Keniy masuk ke sekolah karena pemilik sekolah itu adalah om-nya sendiri, keniy pun masuknya gratis tanpa ada bayaran pendaftaran.

Keniy ingin memasuki kelas satu Smart Room yang tertulis di diary keniy, setiap kelas memiliki nama masing-masing seperti Smart Room, Creative Room, dan Diligent Room. Menurutnya kelas Smart Room itu adalah kelas yang anak-anaknya pintar disetiap mata pelajaran seperti sains dan lainnya. Creative Room adalah kelas untuk anak-anak yang pintar membuat prakarya. Diligent Room menurut Dady atau ayahnya guru-guru di kelas tersebut sangat killer atau mengerikan dalam arti galak, tegas dalam belajar. Dalam diarynya juga keniy menceritakan temannya yang menurut keniy harus di tulis di dalam diary.

Alasan memilih karya ini karena banyak hal hal menarik dari buku tersebut, seperti cover, isi cerita yang membuat si pembacanya dapat menggambarkan imajinasi ketika membacanya. selain itu bisa menjadi termotivasi untuk menulis karya yang lebih bagus dan inovatif terutama bagi anak-anak di usianya, tidak hanya itu buku ini bisa membuat iri bagi mahasiswa yang bisa dibilang kalah, karena mereka yang usianya dibawah kita sudah bisa membuat karya yang bisa terbit dan dibaca banyak orang.

2.      Rumusan Masalah

2.1  Apa yang membuat keniy tertarik dalam menulis diary?

3.      Landasan Teori

Landasan Teori Pengkajian data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teori yang saling berkaitan. Teori-teori ini dijadikan landasan dalam analisis dan pembahasan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini antara lain karakter, motivasi (dorongan).

3.1  Karakter

Merujuk pada individu-indivdu yang muncul dalam cerita seperti ketika ada yang bertanya; “berapa karakter yang ada dalam cerita itu?”. karakter merujuk pada percampuran dari berbagai kepentingan, keinginan, emosi, dan prinsip moral dari individu-individu tersebut seperti yang tampak implisit pada pertanyaan; “menurutmu, bagaimanakah karakter dalam cerita itu?” dalam sebagian cerita dapat ditemukan satu ‘karakter utama’ yaitu karakter terkait dengan semua peristiwa yang berlangsung dalam cerita. Biasanya, peristiwa-peristiwa ini menimbulkan perubahan pada diri sang karakter atau pada sikap kita terhadap karakter tersebut (Stanton, 2007:33).
Karakter keniy di dalam cerpen tersebut adalah karakter yang memiliki kemauan, keinginan dalam menulis sesuatu yang menurut nya menarik untuk abadikan dalam sebuah tulisan.

3.2  Motivasi

Motivasi dalam cerpen ini yang di perankan oleh tokoh tersebut adalah keinginan dalam mengabadikan cerita menarik seperti pada saat cerita dalam diarynya pada saat masuk Sekolah terkenal di New York.

3.3  Hubungan Antar Tokoh

Dalam cerpen diary keniy hubungan antar tokoh yaitu Audia teman sekamar di Smart Child School, Audrey adalah saudara kembar audiana, Diana Redistoney adalah kaka perempuan keniy, Diny anak pembantu sangat kutu buku yang suka mengejek keniy dan keniy tak pernah ada rasa marah dengannya, Daniel wakil ketua kelas.



4.      Pembahasan

Keniy membuat diary untuk mengabadikan momen atau hal-hal unik untuk diabadikan menjadi sebuah tulisan, karena untuk momen itu tidak hanya gambar maupun teknologi lainnya tapi bisa dengan tulisan. Pada saat pertama kali membuat diary tentang pengalamannya masuk sekolah menegah pertama di New York Amerika. Yang begitu mudahnya keniy untuk masuk ke sekolah yang sangat terkenal di kota New York itu karena om nya yang mempunyai sekolah tersebut oleh karena itulah keniy mudah untuk menjadi siswa disekolah tersebut.
                
untung sekali pemilik sekolah adalah om-ku jadi, masuknya gratis. (cepen :78)

Tidak hanya itu saja keniypun menulis di diarynya tentang teman-temannya di kelas dari berbagai macam karakter yang keniy tulis, mulai dari yang jahil kepada keniy, yaitu daniel dia adalah wakil ketua kelas di kelas Smart Room dan ketuanya adalah keniy sendiri,lalu ada sahabat dekat keniy Audiana, anaknya lucu, agak tomboi, dan tidak suka permen. Ada Audrey  saudara kembar Audiana, yang berbeda dengan Audiana Audrey lebih feminim.
 kelas di Smart Child School ada nama-nama kelas nya , mulai dari Smart Room, Creative Room dan Diligent Room.

“Aku sangat memimpikan masuk kelas satu Smart Room karena anak-anaknya pintar dalam setiap mata pelajaran. Seperti sains dan lain-lain. Tetapi mommy menyuruhku ikut Creative Room. Itu kelas untuk anak-anak yang pintar membuat prakaryanya. Kalau Daddy memilih Diligent Room karena setiap harinya ada PR dan katanya gurunya killer-nya selangit.”

Masing- masing punya ciri khas siswanya, keniy menyangkut pautkan teman-temannya di dalam diary nya karena nanti buku diary  keniy tidak hanya keniy yang dapat membacanya tapi teman temannya juga bisa merasakan hal hal unik yang tertulis dalam diary keniy.



5.      Simpulan

Keniy adalah seorang siswa yang berasal dari Smart School ,sekolah yang terkenal di New York Amerika. Keniy mempunyai sebuah buku pribadi atau yang sering disebut yaitu buku diary yang berisi pengalaman, hal-hal seru bersama teman-teman maupun keniy sendiri, didalam buku diary itu keniy juga menuliskan cerita tentang sekolahnya, kakanya, teman sekelasnya.
Dimanapun dia berada jika menurut keniy menarik maka keniy akan menulisnya di buku itu, sepertinya keniy menyukai hal tersebut maka dari itu keniy tau kapan waktunya dia akan menulis itu, keniy sudah terbiasa menulis diary tentang apapun dan dapat dibaca siapapun, bahkan teman-temannya pun suka dengan diary yang keniy buat.




6.      DAFTAR PUSTAKA

Izzati, Nabila. 2004. Kecil kecil punya karya diary persahabatan. Bandung : Mizan Pustaka
    Staton, Robert. 2012. Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar



Comments

Popular posts from this blog

Gedung UNPAM Viktor

Fasilitas Ruang Kelas Universitas Pamulang

Cerpen Channel 3